Tips Perawatan Mobil | Cara Memeriksa Kenormalan Aki Mobil

Tips perawatan mobil

 Tips Perawatan Mobil | Cara Memeriksa Kenormalan Aki Mobil

Tipe Perawatan Mobil | Penting mengetahui apakah aki mobil telah rusak atau tidak berfungsi normal merupakan suatu pekerjaan yang di rasa gampang-gampang susah. Jika mobil Anda menunjukkan satu atau dua tanda berikut, tidak otomatis aki mobil mengalami masalah. Akan tetapi, jika semakin banyak tanda yang muncul pada mobil Anda, cukup besar kemungkinan terjadi ketidakberesan pada aki.

Berikut merupakan cara memeriksa apakah aki mobil Anda masih normal atau tidak.

1. Lampu Indikator Aki

Cek lah lampu indikator di dashboard mobil. Kebanyakan mobil memiliki lampu indikator yang menunjukkan apakah aki masih normal atau tidak. Bila umur aki telah mendekati masa akhir, lampu indikator mungkin berkedip atau terus menyala. Lampu peringatan baterai yang menyala tidak terus mengindikasikan aki mobil mati. Namun hal ini dapat menjadi tanda awal terjadinya ketidak beresan pada aki atau sistem listrik mobil. Periksakan aki mobil ke bengkel yang Anda percaya, dalam menemukan penyebab pasti lampu indikator menyala.

2. Masalah Listrik

Perhatikan sistem listrik pada mobil, termasuk lampu, radio, sistem injeksi bahan bakar, dan pemanas atau pendingin udara. Dikala kondisi aki mulai menurun, semua fungsi sistem listrik diatas juga akan menurun. Begitu juga, semakin banyak item listrik yang menyala, semakin sulit mobil untuk distarter. Jika radio terus menyala, tapi mobil tidak, Anda mungkin perlu mengisi ulang atau mengganti aki mobil Anda.

Tips Perawatan Mobil | Cara Memeriksa Kenormalan Aki Mobil

3. Mobil Tidak Bisa Distarter

Apabila mobil Anda tidak dapat atau sulit distarter, ini dapat menjadi tanda terjadi masalah pada aki mobil. Disaat memutar kunci kontak dan terdengar seperti suara klik, ini adalah indikator kuat bahwa aki mobil mengalami masalah. Cobalah menstarter mobil dengan bantuan kabel jumper. Apabila mobil masih tidak mau menyala, hampir dapat dipastikan aki mobil Anda telah mati.

4. Umur Aki

Pahamilah umur aki mobil Anda. Kebanyakan umur aki mobil berkisar berkisar 2 hingga 5 tahun. Bila aki mobil Anda sudah berusia lima tahun atau lebih dan mobil menunjukkan gejala-gejala seperti tercantum di atas, aki mobil Anda mungkin sudah harus diganti. Masalah pada aki mungkin bisa disebabkan oleh mobil yang jarang dinyalakan. Jarang menyalakan mobil mampu memperpendek umur aki secara signifikan.

Tips Perawatan Mobil | Cara Memeriksa Kenormalan Aki Mobil

(rdo28)

Incoming search terms:

Categories: Tips OtomotifTags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>