Tips Ban Mobil | Apakah Ban Nitrogen Dengan Angin Biasa Boleh Dicampur?

Tips Ban Mobil

 Tips Ban Mobil | Apakah Ban Nitrogen Dengan Angin Biasa Boleh Dicampur?

Tips Ban Mobil | Saat pengisian angin ban menggunakan nitrogen sekarang ini bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi pemilik kendaraan. Akan tetapi, beberapa pemilik mobil masih was-was bila di tengah jalan angin bannya berkurang. Apakah boleh dicampur dengan angin biasa?

 

“Boleh saja, tidak ber pengaruh terhadap ban yang digunakan. Hanya saja khasiatnya hilang. Seumpama saat mau pakai nitrogen lagi, harus dikuras dulu,” ujar Yopi Karuci, pemilik toko ban dan pelek SM Motorsport di Jln. Panjang, Kebun Jeruk, Jakbar.

 Tips Ban Mobil | Apakah Ban Nitrogen Dengan Angin Biasa Boleh Dicampur?

Hal senada diutarakan Bambang Setyono, General Manager bengkel Nawilis. Ia menambahkan, nitrogen yang sudah tercampur dengan angin biasa, bukan lagi nitrogen murni. “Jika mau isi nitrogen lagi, ban harus dikempiskan dan divakum. Atau dibilas (diisi angin nitrogen lalu dikeluarkan lagi sampai bersih),” katanya.

“Sebenarnya angin nitrogen hampir sama dengan udara biasa di sekitar kita. Udara di sekitar kita kan terdiri dari 70% nitrogen, 20% oksigen dan 10% gas lain,” jelas Bambang.

 

Pembentukan angin nitrogen murni sesudah melalui proses penyaringan. Uap air serta oksigennya dihilangkan. Uap air yang terdapat di angin biasa bisa menyebabkan pelapukan velg.

“Oksigen bisa merusak anyaman baja di ban yang menyebabkan oksidasi, sehingga baja jadi karatan. Ini bisa menimbulkan ban cepat benjol,” tutur Bambang.

 

Nitrogen yang memiliki sifat dingin, molekulnya lebih besar dari pada ksigen sehingga sulit untuk menembus pori-pori di ban. Ini menjadikan ban jadi tahan lama atau awet. Selain itu, “Jika pakai nitrogen, udara di dalam ban susah memuai alias lebih stabil,” imbuh Yopi.

 

Keduanya kompak menyarankan lebih baik ban kendaraan diisi angin nitrogen. Hanya memang, apabila pada kondisi darurat serta ban mobil isi nitrogen dicampur angin biasa, khasiat yang dimiliki angin nitrogen hilang.

 Tips Ban Mobil | Apakah Ban Nitrogen Dengan Angin Biasa Boleh Dicampur?

Maka, jangan ragu isi angin ban dengan nitrogen. Karena banyak sekali manfaat yang akan anda rasakan.

 

(rdo34)_

Incoming search terms:

Categories: Tips OtomotifTags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>