Test Drive Pada Proton Preve Turbo

 

Pabrikan Proton Preve serta Proton Exora Bold direncanakan meramaikan pasar otomotif di Indonesia untuk beberapa bulan ke depan. Beberapa media dan juga belasan jurnalis dari Indonesia mendapat kesempatan mencoba kedua mobil Proton tersebut beberapa putaran (lap) di test track milik Proton di Shah Alam, Malaysia.

Test track dengan panjang 1,8 km berbentuk oval dengan kedua ujungnya miring. Fasilitas ini selalu digunakan Proton dalam menguji mobil-mobilnya sebelum dijual ke pasar. Di Malaysia, Preve tersedia dalam 3 varian: Premium 1,6 liter CFE plus 7-speed CVT, 1,6 liter plus transmisi manual 5-speed, dan 1,6 liter CVT 6-speed. Semua model dikabarkan akan dipasarkan ke Indonesia pada awal 2013.

 

Premium dianggap varian yang menarik karena mesinnya dibekali turbo – di sini belum ada sedan di kelasnya dibekali turbo. Tendangan tenaganya langsung terasa saat pedal akselerator mulai dipijak. Perpindahan gear pun tidak terasa, tetapi Anda bisa memainkan paddle-shifter jika merasa kurang sensasi.

 

Dengan kecepatan berkisar 120-140 kpj di lintasan lurus serta tikungan, handling Preve terasa mantap. Saya memutar kemudi ke kanan-kiri beberapa kali di lintasan lurus, body mobil terkontrol dengan baik. Di dalam kabin pun tidak berisik – suara ban serta angin masih dalam batas kewajaran.

 

Preve mempunyai desain eksterior serta interior, yang menurut saya, kental dengan aura Eropa – elegan. Deretan lampu LED di depan dan juga belakang membuat saloon ini semakin terasa mewah dan modern. Sebuah spoiler kecil di tutup bagasi Preve Premium menambah downforce, klaim Proton.

 

Preve Premium dibekali  sejumlah fitur keselamatan. Empat airbag  berupa dua di depan dan dua di samping pengemudi dan juga penumpang depan. Rem ABS+EBD+ BA menjadi andalan Preve. Active Headrests – mencegah cedera leher saat terjadi tumbukan — ikut menjadi fitur keselamatan.

 

Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) masih irit 15,15 km/liter. Proton, saat ini, sedang sibuk memenuhi pemesanan Preve di Malaysia, yang mencapai sampai lebih dari 15 ribu unit.

 

 

(rdo09)

Categories: Tips OtomotifTags: Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>