Mengenal penyebab mobil mogok

mobil mogok - jualban.com

 Penyebab Mobil Mogok

 

Gangguan pada mobil mogok hingga saat ini merupakan hal yang sering menyebabkan jengkel pemilik mobil. Lebih tidak menyenangkan lagi jika anda tidak tahu penyebabnya dan juga apa yang musti dilakukan. Kenali mobil anda sehingga anda mampu  mendeteksi penyebab dari mogok tersebut. Beberapa penyebab mogok dan juga tindakan darurat yang bisa anda lakukan ialah seperti berikut ini. Pada umumnya gangguan mogok disebabkan karena ketidak beresan pengapian atau system bahan bakar.

Gangguan terhadap system pengapian umumnya terjadi pada komponen pendukungnya seperti koil, CDI, platina dll. Tanda-tanda mesin akan tersendat-sendat terlebih dahulu atau kasertag-kasertag terdengar letusan dari knalpot.

Gangguan pada system bahan bakar, bisa karena tak sampainya bahan bakar ke silinder atau ruang bakar. Sehingga membuat mesin langsung mati tanpa tersendat. Umumnya karena aliran bahan bakar terganggu disebabkan dari tersumbatnya saluran bahan bakar dari tangki. Kasus ini banyak dijumpai pada mobil berkaburator atau injeksi bahan bakar.

Sesertagkan pada mobil dengan fuel injection penyebabnya bertambah lagi yaitu karena asertaya kerusakan pada pompa bahan bakar. Gejala tersendat bisa muncul lantaran saringan bahan bakar kotor. Biasanya tak menyebabkan mesin mati seketika dan juga hanya terasa pada putaran tinggi. Bila gas dilepas atau putaran mesin diturunkan, gejala ini bisa berkurang atau bahkan hilang. Segera bersihkan saringan bahan bakar. Sebab jika lama dibiarkan kotoran akan terbawa ke karburator atau injector.

Tindakan Darurat Pada Mobil Mogok :

Untuk system pengapian, lepas salah satu kabel busi dan juga dekatkan ke mesin. Hidupkan mesin dan juga perhatikan apakah ada loncatan bunga api dari kabel tegangan tinggi. Bila tak ada atau kecil sama sekali, berarti ada gangguan di system pengapian. Bila api yang dihasilkan cukup besar gangguan bukan berasal dari situ.

Untuk mengecek sampai tidaknya bahan bakar ke silinder bisa dilakukan beberapa cara. Pada mobil berkarburator, periksa aliran bensinnya dengan melepas selang bahan bakar menuju karburator. Atau dengan mengintip gelas atau mangkuk pada komponen pengabut bensin atau karburator itu untuk melihat jumlah bensin di dalamnya. Jika terisi berarti bensin masih mengalir dan juga kesampingkan sumbatan alirannya.

Pada mobil berinjeksi bahan bakar, selain memeriksa selang saluran bahan bakar menuju injector, cek juga bensin yang lewat nipel pada saluran bahan bakar juga.

(rdo30)

Incoming search terms:

Categories: Tips OtomotifTags: , , , Bookmark

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

     

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>